Produk Makanan Dari Jember


Sedikit Tentang kota ini mungkin kebanyakan orang belum tahu apa sih yang khas dari kota ini ? nah bagi yang pernah pergi ke jember pun mungkin belum tahu apa sebenarnya yang khas dari kota yang pernah meraih ADIPURA ini.
produk makanan yang khas asli dari Jember adalah Suwar suwir ( panganan opo kui hehe ).
Makanan ini sebagian besar terbuat dari Tape ( singkong yang diragi) dan di olah dengan buah sirsak/nangka belanda (dlm bhs jawa),sejak jaman penjajahan Belanda dulu masyarakat sudah membuatnya,hal ini di latar belakangi karena banyaknya TAPE maka secara tidak sengaja timbul krativitas untuk membuat panganan yang lebih menarik sekaligus memiliki nilai tambah ( sesuai prinsip ekonomi hehe..) dari bahan dasar Tape yang cukup banyak didaerah ini.Pada Akhirnya banyak sekali produksi suwar suwir ini sehingga sampai sekarang beragam rasa suwar suwir ada di pasaran,milai rasa keju,coklat,dll.
Bagaimana Cara membuatnya ?
Nah ini yang mungkin agak menarik, kenapa ? karena setiap orang berbeda cara membuatnya walaupun berbahan dasar sama yakni TAPE.
Penganan ini sudah banyak ditemui di supermarket/mall di daerah Jember belum banyak di luar daerah.Kita harapkan mudah mudahan suwar suwir bisa dikenal ke seluruh Indonesia ( mimpi kali ya...) seperti makanan dari Texas atawa california it..'cu lhoo...
Di daerah lain ada kali ya kalo mirip mirip ama itu dodol,tapi uniknya ini dodol TAPE
Nanti kapan kapan kita kasih contoh resepnya yo ?
Tentunya yang Di tempat sampeyan banyak tersedia TAPE singkong


Komentar